Posko Covid-19 Desa Dipimpin Kades, Libatkan TNI – Polri untuk Disiplinkan Warga

Binti Mufarida · Rabu, 03 Februari 2021 - 20:00:00 WIB
Posko Covid-19 Desa Dipimpin Kades, Libatkan TNI – Polri untuk Disiplinkan Warga
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id Posko Covid-19 di desa dan kelurahan akan dipimpin kepala desa atau lurah dengan wakil dan anggota Kepala BPD dan perangkat desa lainnya. Dalam pembentukan posko, Satgas Covid-19 melibatkan TNI dan Polri untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat hingga tingkat mikro.

“TNI atau Polri juga menjadi unsur penting yang terlibat di tingkat operasional masing-masing Posko hingga level terkecil,” ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 , Wiku Adisasmito dalam Konferensi Pers Pembentukan Posko Tangguh Covid-19 di tingkat Kelurahan/Desa dan Kecamatan secara virtual, Rabu (3/2/2021). 

Selain itu, Wiku mengatakan pada prinsipnya Posko ini berfungsi untuk mempermudah proses perubahan perilaku, peningkatan kesehatan masyarakat, kesejahteraan sosial dan pemulihan ekonomi. “Pada prinsipnya Posko-posko yang tersebar secara nasional ini berfungsi untuk mempermudah proses perubahan perilaku, peningkatan kesehatan masyarakat, kesejahteraan sosial dan pemulihan ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Wiku melanjutkan secara struktural Posko akan dikepalai oleh kepala desa atau lurah. “Secara struktural Posko terdiri dari kepala desa dan lurah, sebagai ketua BPD sebagai wakil ketua, dan beranggotakan perangkat desa serta elemen masyarakat lainnya,” katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: