Polda Sumsel Sosialisasikan Tilang Elektronik di Palembang

Antara · Sabtu, 17 April 2021 - 12:37:00 WIB
Polda Sumsel Sosialisasikan Tilang Elektronik di Palembang
Polda Sumsel sosialisasikan tilang eletronik di Palembang. (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Selatan terus menyosialisasikan penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Palembang. Palembang masuk daftar daerah tahap kedua penerapan tilang elektronik. 

"Tilang elektronik perlu disosialisasikan sehingga masyarakat mengetahui sistem tilang baru tersebut  dan lebih disiplin dalam berlalu lintas," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sumsel AKBP Siswo Haryadi.

Dia menjelaskan, pihaknya telah memasang perangkat kamera pengawas di sejumlah ruas jalan protokol dan perempatan lampu merah, dan jalan tol. "Penerapan tilang elektronik itu diharapkan bisa meminimalkan pelanggaran lalu lintas pengendara roda dua maupun roda empat," katanya.

Sistem ETLE merupakan salah satu implementasi Korlantas Polri mewujudkan salah satu program prioritas presisi atau prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan.

Proses penindakan terhadap pengguna kendaraan bermotor yang terekam kamera perangkat e-Tilang, dengan pengiriman surat tilang ke alamat sesuai dengan nomor polisi yang terdaftar.

Dalam surat tilang tersebut akan dicantumkan pasal yang dilanggar, tanggal dan tempat pelanggaran. Kemudian, pihaknya juga menyiapkan link untuk konfirmasi pelanggaran, dan tanggal serta tempat sidang pelanggaran lengkap dengan denda yang harus dibayar.

Peluncuran penerapan tilang elektronik di Kota Palembang sebelumnya dijadwalkan pada Maret 2021 namun karena masih dalam proses persiapan peralatan sehingga dimasukkan dalam peluncuran tahap kedua.

"Korlantas meluncurkan ETLE untuk tahap pertama di 12 provinsi di Pulau Jawa, untuk di Palembang masuk dalam daftar peluncuran tahap kedua yang direncanakan pada 28 April 2021, namun diundur sesuai perintah Kapolri  Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo karena sedang berlangsung Operasi Keselamatan dalam susana bulan Ramadhan dan menyambut Idulfitri," ujarnya.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: