Pengamat: Penganiayaan Perawat di Palembang di Luar Batas Kewajaran dan Kemanusiaan

Dimas Choirul · Sabtu, 17 April 2021 - 09:20:00 WIB
Pengamat: Penganiayaan Perawat di Palembang di Luar Batas Kewajaran dan Kemanusiaan
Dua perawat dan sekuriti berjibaku menyelamatkan perawat dari penganiayaan yang dilakukan orang tua pasien (baju merah). (Foto: Tangkapa layar/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pelaku penganiayaan terhadap perawat yang bekerja di RS Siloam Palembang jika terbukti harus dihumum berat untuk memberikan efek jera. Pasalnya, tindakan penganiayaan yang viral ini dinilai merupakan suatu tindakan di luar batas kewajaran dan kemanusiaan. 

"Jika perbuatan tersebut terbukti sah secara hukum, maka pelaku kekerasan tersebut harus diberikan hukuman sangat berat untuk menimbulkan efek jera di tengah masyarakat dan diharapkan menjadi yurisprudensi ke depan," kata pengamat komunikasi publik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing dalam keterangan tertulisnya kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (17/4/2021).

Menurut Emrus, dari aspek komunikasi, ucapan, tekanan suara dan tindakan pelaku yang ada di dalam video itu menunjukkan bahwa orang yang bersangkutan sangat arogan, menang sendiri, sombong, emosional yang tak terkendali, tidak memiliki nilai budaya tinggi, dan menganggap perawat tersebut sebagai objek semata. "Saya sangat prihatin dan sekaligus menyatakan protes keras kepada pelaku," kata Direktur Emrus Corner itu.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2