Polda Sumsel Gagalkan Peredaran Sabu Huruf Arab, 3 Warga Aceh Ditangkap

Antara ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 10:58 WIB
Polda Sumsel Gagalkan Peredaran Sabu Huruf Arab, 3 Warga Aceh Ditangkap
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Jajaran Tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan (Sumsel) menggagalkan peredaran 1,90 kilogram sabu dari Timur Tengah. Sabu itu diamankan pada Sabtu lalu (8/2/2020).

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi mengatakan, selain mengamankan sabu, polisi juga menangkap tiga pengedarnya, yakni ALF, RF dan TR yang merupakan warga Aceh.

"Mereka ditangkap di depan mini market kawasan Jalan  Radial, Kecamatan Ilir Barat I Palembang saat akan melakukan transaksi sabu," kata Supriyadi kepada wartawan, Kamis (13/2/2020).

Supriyadi menambahkan, sabu itu diduga kuat berasal dari Timur Tengah karena di kemasannya terdapat tulisan Arab dan gambar pohon palm.

"Sabu diduga kuat berasal dari Timur Tengah karena pada kemasannya ada tulisan Arab dan gambar pohon palm ciri khas negara tersebut," kata dia.

Lebih lanjut Supriyadi mengatakan, untuk mengetahui kepastian jenis dan negara mana yang memproduksi sabu tersebut, Polda Sumsel akan mengirim sampel ke Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri.

Selain menyita sabu, lanjut Supriyadi, polisi juga mengamankan barang bukti lainnya berupa uang tunai Rp900.000 dan tujuh unit ponsel yang diduga untuk melancarkan aksi penjualan barang terlarang itu.

Saat ini, kata Supriyadi, polisi masih memeriksa ketiga pelaku untuk mengetahui asal sabu dan membongkar sindikat pengedar sabu ini agar tidak masuk ke wilayah Sumsel.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto