PKB Alihkan Dukungan ke Fakhrizal-Genius di Pilgub Sumbar

Abdul Rochim ยท Jumat, 04 September 2020 - 14:17:00 WIB
PKB Alihkan Dukungan ke Fakhrizal-Genius di Pilgub Sumbar
PKB Alihkan Dukungan ke Fakhrizal-Genius di Pilgub Sumbar (Abdul Rochim/iNews)

JAKARTA, iNews.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) alihkan dukungan di pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Sumatera Barat (Sumbar). Dukungan PKB dialihkan ke pasangan Fakhrizal-Genius setelah sebelumnya memberikan rekomendasi ke pasangan Mulyadi-Ali Mukhni.

Dengan pengalihan dukungan ini, akan ada empat pasangan calon yang akan bertarung di Pilgub Sumbar. Selain Fakhrizal-Genius, ada tiga pasangan lain yakni Mulyadi-Ali Mukhni.

Mulyadi-Ali Mukhni didukung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang masing-masing mempunyai 10 kursi serta PDIP dengan tiga kursi.

Kemudian ada pasangan Nurul Abit-Indra Catri dengan pengusung tunggal Partai Gerindra yang memiliki 14 kursi, serta pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldi yang diusung PKS-PPP dengan kekuatan 13 kursi.

Hal yang menarik adalah dukungan PKB kepada pasangan Fakhrizal-Genius. Sebab, sebelumnya pada Selasa (1/9/2020), PKB sudah memberikan rekomendasi kepada pasangan Mulyadi-Ali Mukhni. Namun dalam waktu singkat, PKB akhirnya berbelok arah dengan mendukung pasangan Fakhrizal-Genius.

"Awalnya, Selasa lalu, PKB mau memberikan dukungannya ke kita. Syaratnya kami dapat dukungan dari Nasdem. Sebelumnya kita sudah dapat dukungan dari Golkar. Tapi kita perlu 13 kursi sebagai syarat minimal pencalonan. Golkar delapan kursi, Nasdem tiga kursi, berarti tinggal tiga kursi yang ada di PKB," ujar Genius dihubungi melalui telepon, Jumat (4/9/2020).

Genius menduga jika pengalihan dukungan PKB karena ada desakan dari para tokoh masyarakat setempat seperti ulama, tokoh adat Sumbar.

"Mereka semuanya menelepon Cak Imin (Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar) mungkin, tokoh masyarakat, ulama, tokoh adat, sehingga saya dipanggil besok malamnya. Rabu malam sampai jam 02.00 WIB ke DPP PKB untuk menceritakan bagaimana situasi politik lokal di Sumbar. Dalam pertemuan itu, PKB akhirnya mengubah keputusan.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2