Peringatan Dini BMKG,  Sumsel Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan

Arie Dwi Satrio · Selasa, 16 Februari 2021 - 12:47:00 WIB
Peringatan Dini BMKG,  Sumsel Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan
Ilustrasi hujan. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di beberapa daerah termasuk Sumatera Selatan (Sumsel) selama sepekan ke depan. BMKG meminta masyarakat lebih waspada.

"Masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto melalui pesan singkatnya, Selasa (16/2/2021).

BMKG mencatat sebagian besar wilayah Indonesia (96 persen dari 342 Zona Musim) saat ini telah memasuki musim hujan. Hal ini juga telah diprediksi sejak Oktober 2020, lalu. BMKG memprediksi sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki puncak musim hujan.

daerah yang diprediksi sudah memasuki puncak musim penghujan adalah Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: