Pemprov Sumsel Gelontorkan Rp300 Juta untuk Bantu Korban Bencana

Antara ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 22:45 WIB
Pemprov Sumsel Gelontorkan Rp300 Juta untuk Bantu Korban Bencana
Ruslaini, korban banjir di Prabumulih saat keluar dari rumah (Berrie Brima/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelontorkan dana Rp300 juta untuk korban dan masyarakat terdampak bencana. Dana tersebut digunakan untuk membantu korban bencana terutama pemulihan kondisi para korban.

Plt Kepala Dinas Sosial Sumsel, Mirwansyah mengatakan alokasi dana bantuan tersebut merupakan respon pemerintah terhadap berbagai bencana di Sumsel seperti longsor, banjir, kebakaran hutan dan lahan (karhulta) dan puting beliung.

"Dana bantuan khusus ini berbeda dengan dana bantuan dari Kemensos," kata Mirwansyah kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Mirwansyah menambahkan, biasanya untuk penanganan korban bencana Kemensos juga ikut menggelontorkan bantuan seperti paket pakaian, alat tidur dan perlengkapan lainnya.

"Kami biasanya mendistribusikannya saja," kata dia.

Tak hanya itu saja, kata Mirwansyah, Pemprov Sumsel juga menyiapkan bantuan pangan berupa beras bencana. Beras tersebut tersedia di gudang Bulog dan bisa dikeluarkan ketika gubernur mengeluarkan status tanggap darurat bencana.

"Nantinya beras akan didistribusikan kepada korban selama menjalani masa pemulihan," katanya.

Mirwansyah mengatajan, Pemprov Sumsel telah mengaktifkan Markas Komando Tagana untuk mengetahui secara detail kondisi bencana di Sumsel. Dalam penanganan bencana, Dinas Sosial mengandalkan pasukan Tagana sebanyak 1.100 anggota yang tersebar di seluruh wilayah di Sumsel.

"Situasinya terus dipantau. Misalkan hujan deras di suatu wilayah, dilaporkan ke Mako Tagana. Sehingga kami bisa melakukan berbagai upaya antisipasi," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto