Pemkot Palembang Baru Pakai Rp25 Miliar dari Rp480 Miliar Anggaran Covid-19

Antara ยท Senin, 08 Juni 2020 - 11:05:00 WIB
Pemkot Palembang Baru Pakai Rp25 Miliar dari Rp480 Miliar Anggaran Covid-19
Jembatan Ampera dan Sungai Musi icon Kota Palembang Sumsel (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Alokasi dana penanganan Covid-19 Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) sementara ini terserap Rp25 miliar. Padahal, total anggaran yang dikucurkan mencapai Rp480 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Palembang Zulkarnain mengatakan, penyerapan dana itu terjadi dalam dua bulan yang sebagian besar untuk penanganan di bidang kesehatan.

"Palembang sudah alokasikan Rp480 miliar itu untuk tiga bulan, tapi dalam dua bulan baru terserap Rp25 miliar," kata Zulkarnain, Senin (8/6/2020).

Menurut dia, pemkot sudah membagi total anggaran penanganan Covid-19 tersebut di sejumlah bidang yakni bidang kesehatan Rp269 Miliar, bidang ekonomi Rp150 miliar dan jaring pengamanan sosial Rp61 miliar.

"Kemungkinan besar pada Juni ini akan banyak terjadi penyerapan karena ini masuk bulan ketiga,” kata dia,

Lebih lanjut Zulkarnain menambahkan, dana Rp480 miliar itu dialokasikan untuk penanganan Covid-19 selama tiga bulan.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo meyakini anggaran yang telah disiapkan tersebut bakal mencukupi kebutuhan Kota Palembang selama menghadapi pandemi virus corona.

"Tinggal diserap saja sesuai dengan perencanaan untuk tiga bulan ke depan," kata dia.

Meski dana yang tersedia belum terserap maksimal, Harnojoyo tak membantah bahwa pemkot juga mengajukan usulan bantuan penanganan Covid-19 ke Pemprov Sumsel senilai Rp50 miliar.

"Suratnya juga sudah kita ajukan," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto