Palak Oknum Polisi yang Nyambi Sopir Truk, Preman Ditembak Mati di Palembang

Muhammad David ยท Selasa, 23 Juli 2019 - 13:21 WIB
Palak Oknum Polisi yang Nyambi Sopir Truk, Preman Ditembak Mati di Palembang
Oknum polisi yang menembak pedagang asongan diduga preman saat sedang membawa truk ketika memberi keterangan di Propam Polda Sumsel. (Foto: iNews/M David)

PALEMBANG, iNews.id – Jagat maya viral dengan beredarnya rekaman video seorang pemuda tewas di jalanan sambil dipeluk seorang perempuan yang histeris. Korban merupakan pedagang asongan yang ditembak sopir truk di Kawasan Macan Lindungan, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (22/7/2019).

Belakangan terungkap, penembakan ini ditengarai berlatar pemalakan yang dilakukan korban. Korban yang memiliki catatan kejahatan ini diduga memeras sopir truk tersebut. Sementara sopir yang diduga pelaku penembakan, ternyata oknum polisi yang sedang membawa truk tanpa muatan.

Keduanya sempat cekcok dan bersitegang hingga akhirnya sopir truk melepaskan tembakan mengenai dada sebelah kiri korban dan meninggalkannya dalam kondisi kritis di jalan. Identitas korban diketahui bernama Ridwan (35), pedagang asongan sekaligus preman yang diduga kerap memalak dan sangat meresahkan.

Video pendek tewasnya korban pun viral di masyarakat. Polresta Palembang yang mendapat laporan bergerak cepat untuk mengungkap kasus tersebut dan membenarkan jika sopir truk pelaku penembakan merupakan oknum polisi.

“Pelaku ini oknum anggota. Yang bersangkutan sudah datang melapor peristiwa yang dialaminya sebagai korban. Dia diperas dan diancam dengan senjata tajam,” ujar Kasi Propam Polresta Palembang AKP Makmun, Selasa (23/7/2019).

Dia menjelaskan, kasusnya sudah ditangani Satreskrim Polresta Palembang. Sementara pelaku penembakan yakni Brigpol IP masih diperiksa Propam atas kejadian penembakan tersebut. Jika terbukti bersalah, maka akan diproses di Unit Propam Polda Sumsel atau Provos OKI, tempat oknum polisi itu berdinas.

“Jadi oknum ini bukan kami amankan, namun dia yang datang melaporkan diri. Brigpol IP bertugas di Polres Ogan Komering Ilir,” katanya.


Editor : Donald Karouw