Nyamar Jadi Pembeli, Jatanras Polda Sumsel Tembak Penjual Senjata Api Rakitan

Sindonews.com, Berli Zulkanedy ยท Rabu, 22 April 2020 - 22:04 WIB
Nyamar Jadi Pembeli, Jatanras Polda Sumsel Tembak Penjual Senjata Api Rakitan
Ilustrasi polisi tembak penjuak senpi rakitan (Okezone)

PALEMBANG, iNews.id - Jajaran Subdit Jatanras Polda Sumatera Selatan (Sumsel) menangkap penjual senjata api (senpi) rakitan. Pelaku yang diketahui bernama Ujang (37) ini terpaksa ditembak karena melawan saat ditangkap.

Kasubdit III Jatanras Polda Sumsel Kompol Suryadi mengatakan, pelaku ditangkap pada Selasa siang (21/4/2020) di depan salah satu minimarket di Jakabaring, Palembang.

"Penangkapan dilakukan setelah adanya laporan masyarakat bahwa tersangka sering membawa serta menjual senjata api rakitan," kata Suryadi, Rabu (22/4/2020).

Menanggapi hal tersebut, kata Suryadi, Tim Opsnal Unit 1 Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel melakukan penyelidikan. Dari hasil pemerikaaan, tersangka ini juga sebelumnya pernah menjalani hukuman penjara dalam perkara Narkoba.

"Pelaku kami tangkap dengan melakukan penyamaran. Kami berpura-pura hendak membeli senjata api rakitan kepada tersangka," kata dia.

Setelah terjadi komunikasi, kata Suryadi, akhirnya disepakati tempat transaksi di salah satu minimarket di Jakabaring.

Selanjutnya setelah pertemuan yang dijanjikan terjadi, polisi langsung melakukan penangkapan. Namun tersangka melakukan perlawanan sehingga terpaksa anggota memberikan tindakan tegas dan terukur dengan cara menembak bagian kaki tersangka.

"Setelah digeledah, ditemukan senpira jenis Revolver dan tiga amunisi kaliber 9 mm yang diselipkan di pinggangnya," katanya.

Lebih lanjut Suryadi memgatakan, setelah diamankan, tersangka dibawa ke RS Bhayangkara untuk mengeluarkan proyektil peluru. Sementata barang bukti dibawa ke Unit 1 Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto