Nelayan di Danau Ranau Hentikan Aktivitas karena Cuaca Buruk

Teddy Hendrawan ยท Kamis, 18 November 2021 - 10:41:00 WIB
Nelayan di Danau Ranau Hentikan Aktivitas karena Cuaca Buruk
Nelayan di Danau Ranau OKU Selatan berhenti mencari ikan karena cuaca buruk. (Foto: Teddy H)

OKU SELATAN, iNews.id - Nelayan tradisional di Danau Ranau OKU Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel) menghentikan aktivitas karena cuaca buruk. Sejak sepekan terakhir angin kencang membuat ombak di danau yang berada di perbatasan Sumsel dan Lampung ini meninggi. 

Selain angin kencang, hujan lebat sering terjadi di wilayah OKU Selatan membuat nelayan tradisional berhenti mencari ikan. Akibatnya pendapatan mereka berkurang.

Terlihat perahu tradisional milik nelayan berjejer rapi di bibir danau. Nelayan yang selama ini mencari ikan, hanya duduk - duduk di pinggir danau sambil membersihkan peralatan dan perahu. Nelayan berharap cuaca kembali normal agar dapat kembali mencari ikan.

"Sudah beberapa hari ini tidak mencari ikan, ombaknya terlalu tinggi karena angin kencang apalagi di tengah," ujar Joni, salah satu nelayan, Rabu (17/11/2021).

Menurut Joni ketinggian ombak di Danau Ranau mencapai setengah meter yang dapat membahayakan para nelayan yang hanya menggunakan perahu tradisional. Jika dalam beberapa pekan kedepan cuaca belum normal, nelayan mengaku terpaksa mencari pekerjaan lain sementara waktu seperti menjadi buruh bangunan. 

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: