Musala di Musi Banyuasin Rusak Parah Disambar Petir

Edi Lestari ยท Minggu, 01 Maret 2020 - 11:18 WIB
Musala di Musi Banyuasin Rusak Parah Disambar Petir
Kerusakan musala yang disebabkan sambaran petir di Musi Banyuasin, Sumsel. (1/3/2020).

MUSI BANYUASIN, iNews.id – Sebuah musala di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) rusak berat setelah disambar pertir Sabtu (29/2/2020) malam. Beruntung saat kejadian, tidak ada jemaah yang berada dalam musala karena Salat Isya sudah selesai.

Atap dan plafon musala di Dusun Satu, Desa Sukarami, Kecamatan Sekayu, Musi Banyuasin ini runtuh. Tak hanya itu, petir juga menyambar meteran PLN dan merusak peralatan elektronik dalam musala.

Sebelum menyambar musala, petir beberapa kali terdengar menggelegar. Warga yang mendengar sempat dibuat ketakutan.

Kejadian ini pertama kali diketahui warga dari adanya percikan api dari kabel meteran listrik. Setelah diperiksa, kerusakan juga terjadi di bagian atap musala.

Menurut salah satu warga, Zawawi, petir menyambar setelah sekitar 10 menit para Jemaah pulang ke rumah. Suara petir menggelegar kuat.

“Kami selesai Salat Isya, lalu istirahat pulang ke rumah. Sekitar 10 menit kemudian terdengar suara petir,” katanya.

Sementara menurut warga lain, Febi Okta, dentuman petir terdengar sekitar lima kali. “Banyak yang rusak akibat petir ini,” katanya.

Selain musala, terdapat lima unit rumah di sebelah kanan kiri yang sedikit mengalami kerusakan. Sementara kondisi aliran listrik PLN mati. Kerugian akibat kerusakan bangunan musala ditaksir mencapai belasan juta rupiah.


Editor : Umaya Khusniah