Minta Diantar ke Kebun, Pria di Muara Enim Rampas Motor Milik Tukang Ojek

Nur Ichsan ยท Senin, 31 Agustus 2020 - 11:17 WIB
 Minta Diantar ke Kebun, Pria di Muara Enim Rampas Motor Milik Tukang Ojek
Ilustrasi polisi tangkap pelaku kejahatan (Antara)

MUARA ENIM, iNews.id - Seorang pria berinisial RN (36) tak berkutik saat ditangkap petugas Team Trabazz Polsek Gunung Megang. Dia ditangkap karena merampas sepeda motor milik tukang ojek pangkalan berinisial MW (66).

Kapolsek Gunung Megang AKP Herli Setiawan, insiden ini terjadi pada Sabtu (29/8/2020) di jalan dekat sungai luar, Desa Ujan Mas Lama, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Saat itu, korban dan pelaku bertemu. Pelaku kemudan meminta diantar ke perkebunan PT Cifu dengan alasan untuk menemui temannya. Kemudian korban membonceng pelaku, keduanya berangkat ke PT. Cifu dengan mengendarai Sepeda motor Yamaha Vega R warna merah dengan nomor polisi B-4197-JF milik korban.

"Dalam perjalanan pelaku yang dalam posisi dibonceng bergerak-gerak dan membuat sepeda motor yang dibawa korban tidak seimbang (oleng). Korban kemudian mengentikan sepeda motornya," kata Herli, Senin (31/8/2020).

Herli menambahkan, saat behenti, tiba-tiba pelaku turun dari sepeda motor korban dan langsung mendorong korban dengan menggunakan tangan dengan sangat kuat.

"Akibatnya korban terjatuh ke pinggir jalan yang mengakibatkan kaki sebalah kanan korban cedera," kata dia.

Sadar korban sulit bergerak, kata Herli, pelaku langsung membawa sepeda motor milik korban ke arah PT.CIFU dan meninggalkan korban di TKP.

Korban yang tak terima, langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Gunung Megang. Usai menerima laporan, penyidik langsung mendatangi TKP untuk melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku.

"Pada saat di Jalan Desa Ujan Mas Lama, Kecamatan Ujan Mas, kami lihat pelaku sedang mengendarai sepeda motor korban," kata dia.

Kemudian, lanjut Herli, kami langsung mengejar. Hasilnya, pelaku ditangkap tanpa perlawanan. Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa sepeda motor Yamaha Vega R warna merah milik korban dan baju putih merk partai milik pelaku yang di gunakan saat melakukan pencurian.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto