Lagi Asyik Mancing, Pencuri Kotak Amal di Sumsel Ditangkap Polisi

Sindonews.com, Berli Zulkanedy ยท Rabu, 01 April 2020 - 11:45 WIB
Lagi Asyik Mancing, Pencuri Kotak Amal di Sumsel Ditangkap Polisi
Nujul, pencuri kotak amal di masjid-masjid Empatlawang Sumsel (Ist)

EMPATLAWANG, iNews.id - Tim gabungan dari Polres Empat Lawang bersama Tim Urban Polsek Tebing Tinggi, Sumatera Selatan (Sumsel) menangkap pelaku pencurian kotak amal. Pelaku diketahui bernama Nujul Eko Santoso (27).

Kapolsek Tebing Tinggi Kompol Hardiman mengatakan, pelaku merupakan warga Kampung Talang Jawa, Kelurahan Jayaloka, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel.

Hardiman menambahkan, pelaku ditangkap setelah polisi mendapatkan laporan dari masyarakat jika banyak kotak amal yang dicuri. Pencurian itu terekam kamera CCTV. Berbekal laporan dan rekamam CCTV, polisi akhirnya bisa menangkap pelaku.

"Pelaku kami amankan saat sedang memancing di jembatan kereta api," kata Hardiman, Rabu (1/4/2020).

Berdasarkan penelusuran dan hasil pemeriksaan, pelaku Nujul sudah berapa kali mencuri kotak amal masjid di berbagai tempat. 

Masjid-masjid yang pernah distatroni pelaku adalah Masjid Jami'i Daarus Sa'aadah di Kelurahan Pasar, Masjid Al- Khoiriah di Lorong Talang Padang, Masjid Al Huda di Tanjung Beringin. Serta masjid yang berada di Kampung Pensiunan, Kecamatan Tebing Tinggi.

"Kemungkinan pelaku mendapatkan uang hingga puluhan juta rupiah," kata dia.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan acaman hukuman di atas 5 tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto