KPU Ogan Ilir Diskualifikasi Paslon Petahana Ilyas-Endang

Fitriadi ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 02:07:00 WIB
KPU Ogan Ilir Diskualifikasi Paslon Petahana Ilyas-Endang
Paslon petahana Ilyas-Endang didiskualifikasi oleh KPU Ogan Ilir pada Pilkada serentak 2020. (Foto: iNews/Fitriadi)

OGAN ILIR, iNews.id – Komisi pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) petahana Ilyas Panji Alam-Endang Putra Utama Ishak pada Pilkada serentak 2020. Keputusan itu sesuai rekomendasi dari Bawaslu Ogan Ilir yang diterima KPU sebelumnya.

Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati mengatakan, keputusan didiskualifikasinya pasangan petahana nomor urut 2 Ilyas-Endang sebagai calon peserta Pilkada 2020 di Kabupaten Ogan Ilir ditetapkan dalam rapat pleno KPU.

“KPU Ogan Ilir menyatakan sejak dibatalkannya pasangan tersebut maka sejak itu pula segala bentuk aktivitas yang bersangkutan diberhentikan,” katanya, Senin (12/10/2020) malam.

Namun paslon petahana itu, kata dia, masih memiliki ruang untuk melakukan upaya hukum atau hal-hal yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan selama dalam waktu yang ditentukan sesuai tahapan pilkada.

Massuryati mengatakan, diskualifikasi itu dilakukan sebagai tindaklanjut dari rekomendasi yang diberikan oleh Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir tertanggal 5 Oktober 2020 lalu.

“KPU memiliki kewajiban untuk menindaklanjuti setiap rekomendasi yang diberikan oleh Bawaslu sebagai badan pengawasan pemilu. Di mana pasangan itu diketahui telah memenuhi unsur pelanggaran pilkada,” ujarnya.

Terkait dengan keputusan itu, kata dia, KPU Ogan Ilir secepatnya akan melayangkan surat ke paslon petahan atas keputusan yang ditetapkan.

Dia berharap, dengan didiskualifikasinya paslon Ilyas-Endang sebagai calon peserta peilkada, masyarakat tetap kondusif dan terus mendukung lajunya tahapan pilkada hingga rampung 100 persen.


Editor : Kastolani Marzuki