Kasus Covid-19 Sumsel Masih Naik Turun karena Banyak Warga Gelar Hajatan

Antara ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 09:10 WIB
Kasus Covid-19 Sumsel Masih Naik Turun karena Banyak Warga Gelar Hajatan
Acara resepsi pernikahan dibubarkan oleh polisi. (Foto: Dok iNews).

PALEMBANG, iNews.id - Warga di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) dinilai belum disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama menghindari kerumunan dan menjaga jarak satu sama lain. Mereka mulai berani menggelar hajatan dan mengundang banyak orang.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri mengatakan, pemerintah belum merekomendasikan warga menggelar hajatan dan resepsi pernikahan. Namun banyak kegiatan yang bersifat mendatangkan banyak orang dan menimbulkan keramaian.

"Hal ini yang membuat penambahan kasus baru di Sumsel masih naik turun karena belum terkendali secara maksimal," kata Yusri di Kota Palembang, Sumsel, Jumat (26//6/2020).

Menurut dia, total kasus Covid-19 di daerah tersebut saat ini berjumlah 1.907. Ada penambahan 14 kasus baru yang berasal dari Kota Palembang (7), Penukal Abab Lematang Ilir (3), Banyuasin (2), serta Muara Enim dan Prabumulih masing-masing satu kasus.

Sementara kasus sembuh juga bertambah 10 orang dari Banyuasin (4), Palembang (2), serta Lubuklinggau, Prabumulih, Ogan Komering Ulu Timur dan Musi Rawas masing-masing satu orang.

Total kasus sembuh di Sumsel menjadi 923 orang atau 48,5 persen dari jumlah kasus positif, yang mana sebagian besar orang tanpa gejala (OTG). Sedangkan kasus meninggal berjumlah 80 orang (4,2 persen).

"Tambahan kasus sembuh hari ini juga membuat Kabupaten Musi Rawas menjadi zona hijau kembali karena tercatat zero kasus atau tidak ada kasus baru," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal