Jalankan Mandat Jokowi, Pemkot Palembang Segera Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Antara ยท Senin, 27 Januari 2020 - 11:49 WIB
Jalankan Mandat Jokowi, Pemkot Palembang Segera Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah
Ilustrasi Sampah (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS). Rencananya, PLTS yang menelan dana Rp1,7 Triliun itu akan dibangun pada pertengahan 2020 di wilayah Keramasan, Palembang.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, Palembang merupakan salah satu kota yang diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun infrastruktur pengelola sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan. Selain palembang, ada 11 kota lainnya yang akan membangun PLTS ini.

"Penetapan Kota Palembang itu sudah dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) 35/2018," kata Harnojo kepada wartawan, Senin (27/1/2020).

BACA JUGA: Pemkot Palembang Siapkan Lokasi Khusus untuk Pusat Kuliner Pempek

Harnojo menambahkan, PLTS itu dibangun pada pertengahan 2020 ini. Jika tidak meleset, maka PLTS itu akan rampung pada 2022.

Lebih lanjut Harnojo menuturkan, sampah menjadi salah satu masalah di Palembang. Produksi sampah di Kota Sriwijaya ini sudah mencapai 1.200 ton per hari. Sementara daya angkut menuju tempat pembuangan akhir (TPA) hanya mencapai 600-800 ton per hari.

BACA JUGA: Ada Hotel dan Mal di Palembang Menunggak PBB hingga Rp1,2 Miliar

"Dengan dibangunnya PLTS berkapasitas 1.000 ton sampah per hari ini diharapkan akan mengatasi masalah sampah, serta bisa menghasilkan daya listrik 20 megawatt," kata dia.

Terkait pembangunan, kata Harnojo, Pemkot Palembang sudah menyiapkan skema kerja sama antar pihak tiga pihak yakni PLN, Pemkot dan PT Indo Green.

"Saat ini kami terus mengadakan komunikasi dengan PLN untuk menindaklanjuti rencana pembangunan ini," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto