Ikut Singapura Airshow 2020 saat Wabah Virus Korona, TNI AU: Kami Siap

iNews.id ยท Selasa, 04 Februari 2020 - 15:00 WIB
Ikut Singapura Airshow 2020 saat Wabah Virus Korona, TNI AU: Kami Siap
Jupiter Aerobatic Team (JAT) tiba di Base Ops Pangkalan Udara Mulyono Herlambang, Palembang, (Dolly Rosana/Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Tim aerobatic Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), Jupiter Aerobatic Team (JAT) mengaku siap berlaga di Ajang Singapura Airshow 2020. Kesiapan ini termasuk dengan risiko wabah virus korona.

Pimpinan JAT Letkol Pnb Muhammad Yunus mengatakan, JAT sudah tiga kali mengikuti Singapura Airshow. Tercatat pada 2014, 2016, dan 2020 ini. Namun, kondisi di 2020 ini berbeda karena adanya wabah virus korona.

"Kami sudah siap dengan tantangan ini (virus korna)," kata Yunus di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Mulyono Herlambang, Palembang, Selasa (4/2/2020).

Yunus menambahkan, seluruh tim sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum terbang ke Singapura.

"Tim semuanya sudah diperiksa kesehatan oleh dokter dan sudah disiapkan obat-obatan khusus. Kru penerbang sudah di briefing juga soal virus korona ini," imbuhnya.

Lebih lanjut Yunus mengatakan, timnya sudah berlatih selama dua bulan untuk menampilkan manuver-manuver seperti jupiter roll dan plaferlip.

"Kami sudah memaksimalkan latihan. Ada banyak manuver baru yang kami siapkan, totalnya ada 15 manuver," kata dia.

Untuk ajang ini, JAT akan menggunakan tujuh pesawat yang diterbangkan beberapa personel baru karena tim melakukan regenerasi dan mutasi.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto