Sebelum Berlaga di Singapura Air Show, Tim Aerobatik TNI AU Latihan di Palembang

Antara ยท Selasa, 04 Februari 2020 - 12:51 WIB
Sebelum Berlaga di Singapura Air Show, Tim Aerobatik TNI AU Latihan di Palembang
Jupiter Aerobatic Team (JAT) tiba di Base Ops Pangkalan Udara Mulyono Herlambang, Palembang, (Dolly Rosana/Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Tim aerobatik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), Jupiter Aerobatic Team (JAT) mendarat di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Mulyono Herlambang, Palembang. Kedatangan tim Jupiter ini dalam rangka latihan sebelum berlaga di ajang Singapura Airshow 2020.

Kadislog Lanud Mulyono Herlambang Letkol Kal Pander E Sianipar mengatakan kehadiran tim JAT di Palembang membanggakan karena masyarakat dapat melihat secara langsung atraksi akrobatik pesawat terbang.

"Ini merupakan kebanggaan bagi Palembang karena tim JAT sempat mendarat di sini," kata Pander kepada wartawan, Selasa (4/2/2020).

Pander menambahkan, para pelajar dan masyarakat di sekitar Lanud bisa melihat langsung ketika para pilot pesawat unjuk kebolehan di sesi latihan.

"Para pelajar dan masyarakat bisa langsung melihat pesawat yang akan digunakan untuk event internasional yang membanggakan Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, pimpinan JAT Letkol Pnb Muhammad Yunus mengatakan, JAT bakal menampilkan manuver di ajang Singapura Airshow 2020 yang rencananya digelar pada Kamis (6/2/2020).

Yunus menambahkan, timnya sudah berlatih selama dua bulan untuk menampilkan 15 manuver dan menunjukan kebolehan skill para pilotnya.

"Kami sudah memaksimalkan latihan. Ada banyak manuver baru yang kami siapkan, totalnya ada 15 manuver di antaranya jupiter roll dan plaferlip," kata dia.

Yunus mengatakan, manuver yang akan ditampilkan itu sudah dilihat dan dicek langsung oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna..

"Target kami yakni menampilkan manuver yang terbaik yang sudah kami latih selama ini, sebagai presentasi untuk TNI AU, bangsa, dan negara," katanya.

Sejauh ini, lanjut Yunus, JAT sudah tiga kali mengikuti Singapura Airshow. Tercatat pada 2014, 2016, dan 2020 ini.

Untuk ajang ini, JAT akan menggunakan tujuh pesawat yang diterbangkan beberapa personel baru karena tim melakukan regenerasi dan mutasi.

"Secara keseluruhan tim juga dibantu 15 kru serta dilengkapi sejumlah peralatan seperti drone," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto