Herman Deru Minta Zona Hijau dan Kuning di Sumsel Mulai Belajar Tatap Muka

Antara ยท Rabu, 12 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Herman Deru Minta Zona Hijau dan Kuning di Sumsel Mulai Belajar Tatap Muka
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (Humas Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta kepala daerah di Sumsel yang wilayahnya masuk zona hijau Covid-19 untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka. Hal ini sesuai dengan permintaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

"Apalagi belum lama ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memperbolehkan sekolah di zona hijau dan kuning untuk melakukan proses belajar mengajar dengan tatap muka," kata Herman Deru, Rabu (12/8/2020).

Pria yang kerap disapa HD ini menambahkan, Pemprov Sumsel akan mengikuti proses belajar yang diinstruksikan Mendikbud. Nantinya, pihak pemprov akan mengkaji dan membagi peta penyebaran Covid-19 mulai dari zona merah, zona kuning, zona hijau.

"Untuk zona hijau dan kuning, diminta kepada bupati dan wali kotanya untuk membuka proses belajar mengajar dengan tatap muka," kata dia.

Namun, kata HD, setiap daerah harus membuat formula sendiri-sendiri, di antaranya kebijakan dan syarat serta mekanisme proses pembelajarannya.

"Saya serahkan formulanya ke bupati dan wali kota masing-masing," katanya.

Selain itu, HD juga minta khusus zona kuning tetap mengutamakan izin orang tua dalam memperbolehkan mengikuti proses belajar mengajar tatap muka.

"Zona kuning, wajib harus ada izin orang tua. Mau bagaimana pun formula yang dipakai bupati dan wali kota harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam proses belajar mengajarnya," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto