Heboh Perburuan Harta Karun Diduga Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di OKI Sumsel

Fitriadi ยท Jumat, 11 Oktober 2019 - 16:41 WIB
Heboh Perburuan Harta Karun Diduga Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di OKI Sumsel
Puluhan warga pencari harta karun Kerajaan Sriwijaya di Cengal, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel. (Foto: iNews/Fitriadi)

KAYU AGUNG, iNews.id – Penemuan sejumlah benda yang ditengarai harta karun Kerajaan Sriwijaya menghebohkan warga Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam sepekan terakhir, banyak warga berdatangan ke lokasi tempat temuan harta karun tersebut. Beberapa di antara mereka bahkan sampai mendirikan tenda untuk tempat tinggal.

Pantauan iNews, setiap harinya terdapat puluhan warga yang menambang di aliran sungai di wilayah Kecamatan Cengal. Di lokasi ini, beberapa warga yang beruntung menemukan emas dalam bentuk cincin, lempengan, maupun serpihan dan manik-manik.

“Saya mendapat cincin emas di sini dan sudah ada orang yang menawar Rp16 juta, namun belum saya lepas. Saya yakin harganya jauh lebih tinggi,” ujar Jambul, seorang pemburu emas, Jumat (11/10/2019).

Senada disampaikan Mirzan, warga lainnya yang juga menemukan cincin emas. Dia masih akan terus mencari untuk mendapatkan harta karun lainnya.

“Saya sudah dua hari di sini dan menemukan satu cincin emas. Ini nyata dan bukan hoaks,” katanya.

Bukan tak beralasan, sejak heboh perburuan harta karun yang disinyalir sisa Kerajaan Sriwijaya, banyak yang beranggapan hal ini kabar hoaks. Namun demikian, dia memastikan semua nyata dan taka da kebohongan. Banyak warga yang menemukan benda-benda yang ditengarai bernilai jual tinggi dalam aliran dan tumpukan lumpur di sepanjang sungai.

Penemuan benda-benda berharga dan antik ini disaksikan langsung tim liputan iNews. Beberapa warga tampak menunjukkan cincin dan lempengan emas tipis di lokasi pencarian. Mereka yang berburu tak hanya orang dewasa, namun juga anak-anak ikut serta di lokasi penemuan harta karun.


Editor : Donald Karouw