Gaji dan Tunjangan Sering Terlambat Alasan PNS Pemkot Palembang Tak Bayar Zakat

Dede Febriansyah · Kamis, 11 Agustus 2022 - 16:04:00 WIB
Gaji dan Tunjangan Sering Terlambat Alasan PNS Pemkot Palembang Tak Bayar Zakat
Baznas sebut masih banyak PNS Pemkot Palembang tidak bayar zakat. (Foto: Ilustrasi/Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Palembang mengungkap jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemkot) yang membayar zakat masih sangat rendah. Ketua BAZNAS Palembang, Ridwan mengatakan, PNS di lingkungan Pemkot Palembang yang patuh dan tepat waktu membayar zakat hanya 30 persen.

"Dari 11.070 jumlah PNS di lingkungan Pemkot Palembang, kurang lebih 70 persen belum taat dalam membayar zakat. Angka ini sangat minim sekali," ujar Ridwan, Kamis (11/8/2022).

Menurutnya, rendahnya PNS di lingkungan Pemkot Palembang dalam membayar zakat disebabkan alasan keuangan yang belum memadai. Apalagi gaji dan tunjangan sering terlambat dibayarkan Pemkot Palembang

"Faktornya karena keuangan mereka yang kurang. Padahal tidak mengeluarkan zakat itu sama saja dengan memakan hak orang lain, sebab harta yang dimiliki itu ada hak untuk orang lain yang harus diberikan," katanya.

Ridwan menuturkan, besaran zakat yang harus dibayarkan hanya 2,5 persen dari gaji yang diterima. Artinya apabila gaji ASN tersebut menerima gaji sekitar Rp3 juta, maka zakat yang harus dibayarkan hanya sekitar Rp80.000.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: