Efek Virus Korona, Agen Wisata di Sumsel Setop Sementara Perjalanan ke China

Antara ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 19:30 WIB
Efek Virus Korona, Agen Wisata di Sumsel Setop Sementara Perjalanan ke China
Petugas medis mengenakan pakaian lengkap bersiap mengevakuasi korban terjangkit virus korona di Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020). (Foto: AFP).

PALEMBANG, iNews.id - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Sumatera Selatan (Sumsel) menghentikan sementara perjalanan ke China. Hal ini disebabkan merebaknya wabah virus korona.

Sekretaris Dewan Pengurus Daerah ASITA SUmsel Ari Afrizal mengatakan, penghentian sementara ini berdasarkan surat edaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) yang melarang perjalanan wisata ke China sementara waktu.

"Mau tidak mau terpaksa kami tunda, lagipula tamu-tamunya juga sudah ketakutan dan memilih mundur," kata Afrizal, Selasa (28/1/2020).

Afrizal menambahkan, edaran itu diteruskan ke 100 agen perjalanan wisata di Sumatera Selatan. Menurut dia, dari 100 agen, hanya 10 agen yang aktif membawa tamu berlibur ke China.

BACA JUGA:

Tak Main-Main, Pemprov Sumsel Akan Deportasi Turis Asing Terpapar Korona

Tak Punya Bandara, Pemkab OKU Klaim Aman dari Virus Korona

Lebih lanjut Afrizal mengatakan, paket perjalanan biasanya ke Hongkong, Shenzen maupun Hainan. Rata-rata dalam satu bulan, satu agen bisa membawa 3 hingga 4 wisatawan.

"Kalau untuk tamu dari China ke Sumatera Selatan melalui agen wisata sejauh ini belum pernah ada, lebih banyak dari Sumatera Selatan ke China," imbuhnya.

Pihaknya belum bisa memastikan kisaran waktu penundaan perjalanan tersebut karena harus menunggu kepastian dari Kemenparekraf, sementara waktu agen-agen menutupinya dengan menjual paket perjalanan ke Malaysia dan Singapura.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto