Dinkes Sumsel: Masker Wajib Digunakan untuk Cegah Korban Baru Corona

Antara ยท Senin, 06 April 2020 - 22:25 WIB
Dinkes Sumsel: Masker Wajib Digunakan untuk Cegah Korban Baru Corona
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nuraini (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Selatan (Sumsel) menggalakkan sosialisasi penggunaan masker bagi masyarakat. Penggunaan masker saat ini diwajibkan oleh pemerintah bagi warga yang beeraktivitas di luar rumah.

"Penggunaan masker pada kondisi terjadi peningkatan jumlah masyarakat yang terjangkit Covid-19 sekarang ini sifatnya wajib untuk melakukan perlindungan diri mencegah timbulnya korban baru," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel dr Lesty Nuraini di Palembang, Senin (6/4/2020).

Untuk melakukan sosialisasi penggunaan masker, lanjut Lesty, pihaknya berupaya menggerakkan jajaran Dinas Kesehatan yang ada di Sumsel.

"Kemudian memasang spanduk yang isinya ajakan menggunakan masker di pusat keramaian," kata dia.

Lesty menambahkan, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) masyarakat untuk mencegah gangguan kesehatan dan penularan Covid-19.

"Masyarakat harus memperhatikan indikator PHBS, seperti mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, mengonsumsi sayur dan buah-buahan, serta melakukan olahraga," katanya.

Dia menjelaskan PHBS salah satu pilar utama dalam gerakan Indonesia Sehat serta bagian dari strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat dalam pembiayaan kesehatan.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto