Datangi Lapas Martapura, BNNK OKU Timur Mendadak Tes Urine 48 Pegawai

Antara ยท Sabtu, 21 Maret 2020 - 12:49 WIB
Datangi Lapas Martapura, BNNK OKU Timur Mendadak Tes Urine 48 Pegawai
Para pegawai Lapas Kelas II B Martapura mengikuti tes urine yang digelar BNNK OKU Timur, Sabtu (21/3/2020). (Foto: Antara)

MARTAPURA, iNews.id - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan (Sumsel) mendadak mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Martapura, Sabtu (21/3/2020). Petugas langsung menggelar tes urine terhadap 48 petugas lapas. guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di wilayah setempat.

Kepala BNNK OKU Timur AKBP Gendi Marzanto mengatakan, tes urine mendadak itu dilakukan untuk upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Lapas Kelas II B Martapura. Selain itu juga untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya.

"Dalam kegiatan ini, sebanyak 48 orang petugas lapas setempat dites urine. Hasil tes urine seluruh pegawai lapas negatif narkoba," kata Gendi didampingi Kasi P2M, Citra di Martapura.

Dia mengatakan, selain melakukan tes urine ke seluruh Pegawai Lapas Kelas II B Martapura, BNNK OKU Timur juga melakukan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan narkoba melalui program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

"Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meminimalisasir peredaran dan penyalahgunaan narkoba di OKU Timur khususnya di lingkungan Lapas Kelas II B Martapura," katanya.

Sementara Kepala Lapas Kelas II B Martapura Efendi mengakui seluruh hasil tes urine petugas lapas setempat negatif dari penyalahgunaan narkoba. Pihaknya akan memberikan sanksi tegas sesuai aturan berlaku bagi setiap petugas lapas yang terbukti atau positif menyalahgunakan narkoba dan obat-obatan terlarang lain.

"Alhamdulillah, semua petugas yang dites urine negatif narkoba. Saya juga berharap semoga petugas Lapas Martapura ini bersih dari penyalahgunaan narkoba," ujarnya.


Editor : Maria Christina