Curi Laptop dan Uang Tunai, Tiga Pemuda di OKU Ditangkap Polisi

Nur Ichsan ยท Senin, 13 Juli 2020 - 19:16 WIB
Curi Laptop dan Uang Tunai, Tiga Pemuda di OKU Ditangkap Polisi
Ilustrasi tiga tersangka pencurian (iNews)

BATURAJA, iNews.id - Anggota Satreskrim Polsek Lubuk Batang menangkap tiga pelaku pencurian rumah. Parahnya, ketiga pelaku masih muda bahkan ada dua yang masih bawah umur.

Kapolsek Lubuk Batang AKP Ujang Abdul Azis mengatakan, ketiga pelaku masing-masing berinisial AR (18), ES (16) dan AR (15). Ketiganya warga Lubuk Batang, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel).

Abdul mengatakan, ketiga pelaku ditangkap beberapa waktu yang lalu setelah polisi mendapat laporan dari korban Susanto (36). Warga Mawar, Baturaja Timur, OKU itu kehilangan dua laptop dan uang tunai Rp500.00.

"Dia kemudian melapor ke polisi dan laporannya tertuang dalam Laporan polisi LP/B/22/VII/2020/Sumsel/Res OKU/Sek Lubuk Batang," kata Abdul, Senin (13/7/2020).

Abdul menambahkan, berbekal laporan itu, polisi melakukan penyelidikan dan memeriksa saksi. Usai mendapat identitas pelaku, polisi pun melakukan pengintaian.

Kemudian, lanjut Abdul, pada Sabtu dini hari (11/7/2020) sekitar pukul 01.30 WIB, polisi menggerebek kediaman pelaku. Usai menangkap, polisi melakukan penggeledahan.

"Kamu temukan barang curian itu di rumah pelaku," kata dia.

Atas temuan itu, ketiga pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Lubung Batang untuk diperiksa. Dari hasil pemeriksaan diketahui aksi pencurian itu dilakukan pada 3 Juli 2020 sekitar pukul 18.30 WIB. Ketiga pelaku masuk jendela.

"Ada congkelan di jendela pelaku. Tak hanya itu, bekas congkelan juga ada di pintu kamar dan pintu belakang," kata dia.

Pelaku kemudian mengambil dua unit laptop dan uang Rp500.000. Akibat pencurian ini, korban mengalami kerugian Rp10 juta.

Selain menangkap pelaku, polisi menyita barang bukti berupa laptop merk Accer warna hitam dan chargeran, laptop merk HP warna silver dan chargeran, satu buah tas laptop warna abu-abi dan satu sajam parang yang diduga digunakan saat beraksi.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto