Cerita Seragam Loreng Darah Mengalir Kopassus yang Getarkan Dunia

riana rizkia · Minggu, 13 November 2022 - 07:05:00 WIB
Cerita Seragam Loreng Darah Mengalir Kopassus yang Getarkan Dunia
Seragam loreng darah mengalir Kopassus yang mencerminkan keberanian. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD selalu menarik untuk diulas. Salah satunya cerita loreng darah mengalir yang membuat Kopassus semakin disegani. 

Motif loreng darah mengalir menjadi ciri khas Kopassus yang mencerminkan keberanian serta menunjukkan identitas pasukan hebat. Namun perlu diketahui, motif loreng darah mengalir bukanlah corak pertama pada seragam Kopassus

Motif loreng darah mengalir baru dikenal pada Hari ABRI (TNI) pada 5 Oktober 1964. Adapun sosok yang memperkenalkan motif loreng darah mengalir yakni Mayjen TNI (Purn) Moeng Parhadimulyo.

Cikal bakal Kopassus lahir dari Kesatuan Komando Tentara Territorium (Kesko TT) III/ Siliwangi bentukan Kolonel AE Kawilarang. Setelah menempuh berbagai pendidikan, prajurit diberi badge tanda kelulusan. Saat itu, prajurit diberikan seragam loreng dengan corak khusus yang dikenal dengan loreng macan tutul.

"Aslinya pakaian loreng itu buatan Amerika yang diproduksi pada masa Perang Dunia I untuk US Marine," bunyi dalam buku "Kopassus untuk Indonesia" dikutip Senin (13/11/2022).

Setelah berbagai operasi tempur, lama kelamaan stoknya seragam dengan corak loren macan tutup ini menipis. Kemudian diketahui, ternyata di Amerika Serikat seragam itu tidak diproduksi lagi.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: