Cegah Kebakaran Hutan, BPBD Segera Pakai Aplikasi yang Diluncurkan Kapolri

Antara ยท Jumat, 17 September 2021 - 14:06:00 WIB
Cegah Kebakaran Hutan, BPBD Segera Pakai Aplikasi yang Diluncurkan Kapolri
Karhutla yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir pada kemarau 2021. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel segera memanfaatkan aplikasi Asap Digital yang diluncurkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. BPBD meyakini aplikasi ini akan memudahkan pencegahan da penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Sumsel.

Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah mengatakan, pihaknya segera memanfaatkan aplikasi tersebut untuk melakukan pemantauan perkembangan titik panas (hotspot) di sejumlah kabupaten rawan karhutla guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada penghujung musim kemarau tahun 2021 ini.

"Pemantauan secara intensif dilakukan di daerah yang dipetakan rawan karhutla, seperti Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin," ujarnya, Jumat (17/9/2021).

Melalui dukungan aplikasi baru itu diharapkan dapat dilakukan tindakan penanggulangan karhutla secara cepat dan tepat sehingga bisa dicegah terjadinya bencana kabut asap yang dapat mengganggu berbagai aktivitas dan kesehatan masyarakat.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: