Cari Ikan di Sungai, Warga OKU Malah Temukan 6 Butir Amunisi Aktif

Widori Agustino ยท Senin, 21 September 2020 - 19:01:00 WIB
Cari Ikan di Sungai, Warga OKU Malah Temukan 6 Butir Amunisi Aktif
Enam butir amunisi yang ditemukan warga saat mencari ikan di Sungai Ogan, Desa Batu Putih, Kecamatan Baturaja Barat, kabupaten OKU. (Foto: iNews/Widori Agustino)

BATURAJA, iNews.id - Seorang warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel), M Nizar (25), menemukan enam butir amunisi di aliran Sungai Ogan, Desa Batu Putih, Kecamatan Baturaja Barat. Amunisi tersebut ditemukannya saat hendak mencari ikan di aliran sungai.

M Nizar mengatakan, dirinya sangat terkejut saat tidak sengaja menginjak amunisi aktif tersebut di aliran Sungai Ogan, Minggu (20/9/2020). Setelah menemukannya, Nizar langsung menghubungi pemerintah desa setempat yang selanjutnya menghubungi Polsek Baturaja Barat.

"Enam amunisi sudah kami amankan dari warga yang menemukan di aliran Sungai Ogan. Kuat dugaan masih aktif sebab masih utuh," ujar Kapolsek Baturaja Barat AKP Ujang Abdul Azis saat dihubungi Senin (21/9/2020).

Dari pengakuan warga yang menemukan, kata Ujang, masih ada amunisi yang tertinggal di dasar sungai. Bahkan, ukurannya lebih besar.

"Masih ada yang lebih besar. Kami akan berkoordinasi dulu dan melaporkan ke pimpinan. Kuat dugaan amunisi itu milik TNI karena wilayah itu berdekatan dengan lahan latihan TNI," kata Ujang.

Kapolsek Baturaja mengatakan, saat ini enam butir amunisi tersebut diamankan di gudang senjata Mapolsek Baturaja Barat. Ujang juga berharap warga untuk tidak mendekati area Sungai Ogan untuk sementara waktu.

"Nanti akan kami pastikan apakah masih ada amunisi di sungai itu. Tentu, kami akan berkoordinasi dengan TNI atas penemuan amunisi ini," ujarnya.


Editor : Maria Christina