Cara Mengqodho Sholat Magrib di Waktu Isya Lengkap dengan Bacaan Niat

Rilo Pambudi ยท Selasa, 30 Agustus 2022 - 14:21:00 WIB
Cara Mengqodho Sholat Magrib di Waktu Isya Lengkap dengan Bacaan Niat
Cara mengqodho sholat magrib di waktu isya (Foto: Garakta Studio)

JAKARTA, iNews.id - Cara mengqodho sholat magrib di waktu isya perlu diketahui oleh setiap Muslim. Mengqodho sholat artinya adalah mengerjakan sholat wajib di luar waktu sebenarnya.

Hal itu dimaksudkan untuk menggantikan sholat yang terlewat di waktu sebelumnya. Seperti diketahui, sholat fardhu 5 waktu hukumnya wajib bagi seorang mukmin dan mutlak tidak boleh ditinggalkan.

Dalam keadaan tertentu, seseorang tidak sengaja meninggalkan sholat karena berbagai hal seperti lupa, ketiduran, pingsan, dan yang lainnya. Oleh karena itu, para ulama bersepakat bahwa wajib hukumnya untuk mengqodho shalat yang terlewat tersebut. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam:

"Barangsiapa yang terlewat shalat karena tidur atau karena lupa, maka ia wajib shalat ketika ingat," (HR. Al Bazzar).


Dari segi waktu, mengqodho sholat harus dilakukan segera saat teringat dari lupa atau tersadar dari hilang akalnya atau pingsan. Mengqodho sholat tidak boleh ditunda-tunda dan harus dikerjakan sesegera mungkin. Lantas, bagaimana caranya mengqodho sholat magrib di waktu isya? Berikut ini adalah ulasannya yang dilansir iNews.id, Senin (29/8/2022).


Cara Mengqodho Sholat Magrib di Waktu Isya


Sebagaimana telah dijelaskan, mengqodho sholat harus sesegera mungkin dilakukan ketika teringat. Tak terkecuali saat mengqodho sholat magrib ketika sudah memasuki waktu sholat isya.

Sebelum mengetahui caranya, berikut ini adalah niat yang bisa dibaca ketika mengqodho sholat magrib di waktu isya.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: