BNPB Ingatkan Pemda Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan 

Carlos Roy Fajarta · Jumat, 29 Juli 2022 - 10:23:00 WIB
BNPB Ingatkan Pemda Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan 
Pemerintah daerah termasumsel diminta waspada karhutla. (Foto: Ilustrasi/Fitriadi)

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan pemerintah daerah meningkatkan kewaspadaan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). BNPN mencatat, hingga Rabu (27/7/2022), 131 peristiwa kebakaran hutan dan lahan telah terjadi sejak awal tahun 2022.

Sebagai antisipas[i, sudah terdapat lima provinsi yang telah menetapkan status siaga darurat bencana asap akibat karhutla di tahun 2022. Adapun lima provinsi tersebut adalah Riau, Sumatra Selatan, Jambi, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat.

"Meski bencana di Indonesia masih didominasi oleh kejadian Hidrometeorologi basah, pemerintah daerah kami imbau untuk tetap siaga dan waspada akan potensi karhutla," kata Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto dalam Rapat Koordinasi Khusus Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kamis (28/7/2022).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyiapkan beberapa langkah dukungan untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Sebagai upaya pencegahan, BNPB telah membentuk Desa Tangguh Bencana Karhutla serta melakukan edukasi kepada publik terkait mitigasi Karhutla. Selain itu, BNPB juga mendorong pemerintah daerah untuk melakukan mitigasi jangka panjang berbasis vegetasi.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: