BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Tanah Longsor di Wilayah Sumsel

Antara ยท Selasa, 05 Mei 2020 - 12:44 WIB
BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Tanah Longsor di Wilayah Sumsel
Tanah Longsor di wilayah Ogan Komering Ulu (OKU) Sumsel (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan adanya bencana tanah longsor di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel). Hal ini diprediksi karena beberapa wilayah dataran tinggi di Sumsel diguyur hujan lebat.

“Bencana tanah longsor berpotensi terjadi di Banyuasin, Ogan Ilir, Muaraenim, Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin, Prabumulih, Musirawas, Palembang, dan Musirawas Utara,” tulis BMKG lewat keterangan resminya, Selasa (5/5/2020).

BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat berpeluang meliputi wilayah Sumatera Selatan pada Selasa pagi hingga malam hari.

Pada pagi hingga siang hari hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Musirawas Utara, Musirawas, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, dan OKU Timur.

“Sementara wilayah Muaraenim, OKU, Lahat, Palembang, PALI, Prabumulih, OKI, Banyuasin, dan Ogan Ilir berpeluang menghadapi hujan lokal,” katanya.

Pada malam hari, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, PALI, Palembang, dan Banyuasin.

Hujan lokal, lanjut BMKG, berpotensi terjadi di wilayah OKI, OKU, Muaraenim, Lahat, Empat Lawang dan Ogan Ilir.

Hujan ringan berpotensi terjadi pada dini hari. Hujan ringan hingga sedan diprediksi terjadi di wilayah Musirawas Utara, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, OKI, Banyuasin, dan Palembang.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto