BMKG Imbau Warga Waspadai Puncak Musim Hujan di Sejumlah Daerah Sumsel

Antara ยท Minggu, 03 Januari 2021 - 07:00:00 WIB
BMKG Imbau Warga Waspadai Puncak Musim Hujan di Sejumlah Daerah Sumsel
Hujan deras melanda kawasan permukiman warga. (Foto: Dok iNews).

PALEMBANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai puncak musim hujan di sejumlah daerah Sumatera Selatan (Sumsel). Kondisi ini diprediksi berlangsung hingga Maret 2021.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Palembang, Nandang Pangaribowo mengatakan, sejumlah daerah tersebut yakni Kota Pagaralam, sebagian OKU Selatan, sebagian Empat Lawang dan Kota Lubuklinggau.

"Puncak musim hujan akan berlangsung sampai Maret 2021," kata Nandang di Kota Palembang, Sumsel, Sabtu (2/1/2021).

Menurut dia, saat ini curah hujan lebih besar disebabkan faktor meningkatnya suhu muka laut di Samudera Hindia sebelah barat Pulau Sumatera.

Peningkatan curah hujan juga dipengaruhi angin baratan dari Asia bagian Utara ke Barat yang membawa banyak uap air ke wilayah Asia. Secara umum kondisi musim hujan normal dan belum ditemukan anomali iklim.

Selain itu, menurutnya, wilayah Sumsel akan sedikit terdampak pergeseran La Nina yang membuat curah hujan bertambah 20 persen atau tidak terlalu signifikan.

"Untuk Januari 2021 BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem seperti Desember 2020," tambahnya.

Namun masyarakat diminta tetap waspada karena karakteristik curah hujan pada puncak musim hujan dapat mencapai 300 mm per bulan. Hal ini berpotensi menimbulkan bencana alam banjir dan longsor akibat curah hujan tinggi.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal