Berkah Banjir, Ojek Perahu Laris Manis Angkut Warga Musi Rawas

Sindonews.com, Era Neizma Wedya ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 22:30 WIB
Berkah Banjir, Ojek Perahu Laris Manis Angkut Warga Musi Rawas
Ojek perahu muncul memanfaatkan bencana banjir di Musi Rawas (Sindonews/Era Neizma)

MUSI RAWAS, iNews.id - Banjir yang merendam di Kecamatan Muara Lakitan, Kecamatan BTS Ulu Cecar dan Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura) ternyata membawa berkah bagi sebagian warga. Warga setempat berinisiatif membuat ojek perahu untuk membantu warga serta meraup rupiah di tengah bencana.

Luapan luapan sungai Musi merendam jalan penghubung antar desa. Akibatnya, jalan itu terputus karena terendam air setinggi 1,5 meter hingga 2 meter. Hasilnya, bermunculan jasa angkutan perahu atau ojek perahu yang sangat membantu warga. Penyedia ojek perahu ini bisa meraup keuntungan hingga 200 ribu setiap hari.

Samsul Rizal, seorang tukang ojek perahu mengatakan, perahunya sangat membantu aktivitas warga yang ingin berpergian. Sebab, mobil maupun sepeda motor tidak bisa melintas karena jalan tergenang air yang sangat tinggi.

"Banjir ini menjadi berkah untuk kami supir perahu, sehari dapat mengumpulkan uang hingga 200 ribu,” kata Samsul Rizal.

Rizal menambahkan, selain mengangkut sepeda motor, biasanya warga juga menggunakan jasanya untuk mencapai daerah kering. Untuk tarif satu orangnya, ia patok dengan harga Rp5.000 untuk sekali angkut.

Sekali keberangkatan, perahunya bisa menampung lima sampai enam orang, dan selama beberapa hari banjir diakuinya, itu bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Alhamdulillah dengan ojek perahu ini saya bisa memberi makan keluarga saya," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto