Lahan Terendam Banjir, Petani di Musi Banyuasin Panen Sawit Pakai Perahu

Edi Lestari ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 14:55 WIB
Lahan Terendam Banjir, Petani di Musi Banyuasin Panen Sawit Pakai Perahu
Petani sawit di Musi Banyuasin Sumsel panen Sawit dengan menggunakan perahu (iNews/Edi Lestari)

MUBA, iNews.id - Petani kelapa sawit di Musi Banyuasin (Muba) mengaku kesulitan memanen hasil kebunnya. Hal ini terjadi karena kebun sawit di lokasi itu terendam air 1,5 meter hingga 2 meter.

Lokasi yang terendam banjir di daerah Muba masing-masing di lokasi Transmigrasi Jud I dan II serta Air Balui, Kecamatan Sanga Desa, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Salah satu petani sawit, Ariyadi mengatakan, air di daerahnya masih tinggi. Dia mengaku merasa terganggu dengan banjir yang sudah merendam lebih dari sepekan ini.

"Airnya masih naik. Jadi terganggu dengan banjir ini," kata Ariyadi saat ditemui iNews, Kamis (13/2/2020).

Ariyadi menambahkan, terlebih saat memanen kelapa sawit di kebun. Dia harus menaiki perahu agar bisa memanen sawitnya. Dia tidak bisa berjalan kaki lantaran derasnya air di kebun sawitnya.

"Susah, airnya deras. Harus tiga kali bolak balik untuk ambil sawit," imbuhnya.

Ariyadi mengatakan, kelapa sawit yang dipanen akan dinaikan ke perahu. Perahu berisi sawit itu harus didorong untuk melewat derasnya air.

"Sawitnya ditauh di perahu. Kan perahunya kecil, tak muat harus bolak-balik," kata dia.

Sementara itu, air di wilayah tersebut belum surut meski sudah lebih dari sepekan. Banjir ini disebabkan intensitas hujan tinggi sehingga air Sungai Musi dan Sungai Hulu meluap ke kebun dan perumahan warga.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto