BBPOM Imbau Produsen Tahu dan Mi di Palembang Setop Gunakan Formalin

Antara ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 22:45 WIB
BBPOM Imbau Produsen Tahu dan Mi di Palembang Setop Gunakan Formalin
Mi berformalin diungkap polisi (Dok/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang mengimbau seluruh produsen tahu dan mi basah berhenti menggunakan formalin. Kepala BBPOM Palembang, Hardaningsih menyarankan produsen untuk beralih menggunakan palata sebagai bahan pengawet alami.

Hardaningsih menambahkan, imbauan ini digencarkan lantaran masih banyak temuan tahu dan mi basah yang diawetkan dengan formalin

"Untuk menghentikan penggunaan formalin sebagai bahan pengawet makanan, kami terus berupaya melakukan kegiatan sosialisasi mengenai bahaya penggunaan bahan pengawet," tutur Hardaningsih kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).

Selain itu, lanjut Hardaningsih, pihaknya intensif melakukan kegiatan penertiban pedagang di pasar tradisional serta melakukan penyitaan dan pemusnahan bahan makanan yang terbukti mengandung formalin.

Dia menjelaskan, palata terbuat dari bahan alami ekstrak kulit pisang yang keamananya sudah teruji oleh BPOM, dengan menggunakan palata maka tahu akan terjaga hingga 48 jam, sehingga sampai ke tangan konsumen dalam kondisi segar.

"Penggunaan palata tidak banyak mengubah rasa dan warna pada makanan, bahkan membuat produk makanan sehat serta tidak mudah rusak," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto