Bantu Kabupaten dan Kota Tangani Covid-19, Pemprov Sumsel Anggarkan Rp500 Miliar

Antara ยท Senin, 15 Juni 2020 - 18:04 WIB
Bantu Kabupaten dan Kota Tangani Covid-19, Pemprov Sumsel Anggarkan Rp500 Miliar
Gubernur Sumsel Herman Deru usai mengikuti seminar online Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan intern pemerintah tahun 2020 yang dibuka Presiden RI Joko Widodo (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menganggarkan dana Rp500 miliar. Dana setengah triliun itu nantinya akan digunakan membantu kabupaten dan kota di Sumsel dalam mengatasi paparan Covid-19.

"Disaat pandemi Covid-19 Pemprov Sumsel telah menggelontorkan dana untuk kabupaten dan kota," kata Gubernur Sumsel Herman Deru usai mengikuti seminar online Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan intern pemerintah tahun 2020 yang dibuka Presiden RI Joko Widodo, Senin (15/6/2020).

Herman menambahkan, dana tersebut digelontorkan ke kabupaten dan kota karena kemampuan keuangan daerah yang dimiliki kondisinya saat ini direfocusing dan direalokasi kepada percepatan penanganan Covid-19 sesuai kebutuhan daerah masing-masing.

"Untuk itu, saya sebagai gubernur dan pernah menjadi bupati dua periode sangat memahami sehingga kita memberikan perhatian dengan menggelontorkan dana Rp500 miliar lebih, sehingga daerah mampu melanjutkan pembangunan," kata dia.

Lebih lanjut Herman mengatakan, Pemprov telah memberikan stimulan untuk pembangunan kabupaten dan kota khususnya yang berkaitan dengan aspek ekonomi.

Gubernur dalam kesempatan itu mengatakan, Presiden menyampaikan ada beberapa aspek penting yang menjadi perhatian pemerintah ditengah pandemi COVID-19 saat ini yaitu aspek kesehatan agar bagaimana masyarakat yang belum tertular corona supaya terjaga dan yang sakit atau tertular dapat terobati.

Selanjutnya pada aspek ekonomi ada tiga arah yang harus dibenahi yaitu supply, demand dan produksi juga terganggu.

Sehingga terhadap daerah kabupaten dan kota di Sumsel, gubernur menjelaskan bahwa Pemprov Sumsel telah menyikapi dan mengambil langkah terkait arahan Presiden pada rakornas itu.

Menurut dia, diantaranya yang utama langkah Pemprov Sumsel terhadap UMKM dengan memberikan edukasi tentang permodalan melalui Bank. Disamping itu, juga terkait permasalahan keterampilan dalam usaha dan selanjutnya pemasaran.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto