AKBP Sonny Triyanto, Perwira Polri yang Viral Gali Kubur dan Makamkan Jenazah Covid-19 di Palembang

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 21:16 WIB
AKBP Sonny Triyanto, Perwira Polri yang Viral Gali Kubur dan Makamkan Jenazah Covid-19 di Palembang
Kasat Sabhara Polrestabes Palembang AKBP Sonny Triyanto bersama anggotanya menggali kubur serta memakamkan jenazah pasien Covid-19 di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (22/5/2020). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Video tentang perwira Polri menggali kubur dan memakamkan jenazah Covid-19 di Palembang, Sumatera Selatan, viral di media sosial. Tindakan anggota Korps Bhayangkara ini pun menuai apresiasi masyarakat.

Dalam video berdurasi 41 detik tersebut tampak sejumlah anggota polisi dengan mengenakan seragam menggali kubur. Setelah liang lahat itu selesai, mereka mengenakan alat pelindung diri (APD) dan menurunkan peti jenazah.

Video ini menjadi perhatian karena terdapat seorang perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) yang turut berjibaku dalam kegiatan itu. Perwira ini tak lain Kasat Sabhara Polrestabes Palembang AKBP Sonny Triyanto.

Sonny menuturkan, dirinya bersama enam anggota semula mengawal mobil ambulans yang membawa jenazah pasien Covid-19 menuju pemakaman di Jalan Sungai Lacak, Kelurahan Pulo Kerto, Kecamatan Gandus, Palembang.

“Ini pemakaman khusus untuk jenazah yang dikuburkan dengan protokol Covid-19,” kata Sonny saat dihubungi iNews.id, Jumat (22/5/2020).

Dia menuturkan, saat itu ada dua jenazah. Masing-masing diberangkatkan dari Rumah Sakit Charitas dan Pelabuhan (RS Boom Baru). Sebagai anggota Sabhara Polrestabes Palembang, mereka melaksanakan pengawalan sampai ke pemakaman.

Sonny menceritakan, saat itu empat petugas pemakaman mulai menggali kubur. Namun belum selesai aktivitas itu, langit Palembang mulai tertutup mendung hitam.

Sonny bersama anggotanya pun langsung berinisitatif membantu. Terlebih para petugas pemakaman tersebut mulai tampak kelelahan. Inisiatif ini juga didasari kekhawatirkan pemakaman tak cepat selesai karena cuaca mulai tak mendukung.

“Ada dua makam yang disiapkan dan saya lihat petugas juga mulai kelelahan. Langit mulai gelap,” tutur Sonny.

Tak sekadar memberi aba-aba pada anak buah, Sonny turut mengayunkan sekop. Berbekal masker, kacamata APD dan sarung tangan, perwira ramah ini turun langsung menggali liang lahat itu.

Setelah pemakaman siap, Sonny dan anggotanya mengenakan hazmat suit. Mereka pun menurunkan peti jenazah dan melakukan proses penguburan.

Sonny menuturkan, dirinya tidak tahu video ini akan viral. Dia pun merasa kaget saat banyak ditanya tentang pemakaman tadi pagi.

Menurutnya, apa yang dilakukan merupakan tanggung jawab tugas sebagai anggota Polri. Membantu pemakaman seperti ini pun sebenarnya bukan kali pertama dilakukan.

“Tugas kami sebagai anggota Polri melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat. Membantu tugas di masa pandemic Covid-19 juga merupakan pelaksanaan Maklumat Kapolri Bapak Jenderal Pol Idham Azis dan Instruksi Presiden Jokowi,” tutur Sonny.

Disinggung apakah tidak cemas atau takut melaksanakan pemakaman jenazah Covid-19?

“Semua tergantung Allah SWT. Jika Allah berkehendak, kita di luar pemakaman saja bisa kena. Terpenting adalah ikhlas dalam bertugas,” ucapnya.


Editor : Zen Teguh