Ada Penampakan Harimau di OKU, Bupati: Warga Harus Waspada

Antara ยท Rabu, 08 Januari 2020 - 13:50 WIB
Ada Penampakan Harimau di OKU, Bupati: Warga Harus Waspada
Ilustrasi Harimau ditangkap (Antara)

BATURAJA, iNews.id - Ancaman harimau masih terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel). Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumsel, Kuryana Aziz mengimbau masyarakat khususnya di Kecamatan Ulu Ogan tetap waspada terhadap ancaman harimau yang diduga telah memasuki wilayah OKU.

"Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. Pekan lalu ada informasi ancaman harimau liar ini sudah muncul di wilayah OKU," kata Aziz di Baturaja, Rabu (8/1/2020).

Aziz menambahkan, kemunculan harimau di wilayah OKU ini harus diwaspadai. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak menimbulkan korban jiwa akibat serangan harimau.

"Sebab harimau ini telah menelan korban jiwa seperti di Lahat, Pagar Alam dan Muaraenim beberapa waktu lalu," imbuhnya.

BACA JUGA: BKSDA Sumsel: Waspada! Harimau di Muara Enim Belum Tertangkap

Menurut dia, munculnya harimau asli Sumatera ini diduga akibat kondisi rusaknya habitat alam serta tidak seimbangnya ekosistem yang melindungi kehidupan satwa liar tersebut.

"Oleh sebab itulah kita semua harus tetap waspada khususnya bagi masyarakat yang bermukim dekat dengan kawasan hutan lindung," kata dia.

Tak hanya itu, Aziz juga menginstruksikan kepada para camat dan kepala desa beserta TNI dan Polri agar meningkatkan koordinasi untuk melakukan pemantauan terhadap harimau.

"Mudah-mudahan dengan meningkatkan kewaspadaan kita semua dapat terhindar dari ancaman bahaya serangan harimau tersebut," ujarnya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto