4 Objek Sejarah di Palembang Direkomendasikan Jadi Cagar Budaya Tetap

Antara ยท Senin, 08 Maret 2021 - 09:23:00 WIB
4 Objek Sejarah di Palembang Direkomendasikan Jadi Cagar Budaya Tetap
Tiga dari empat yang direkomendasikan jadi cagar budaya tetap adalah kompleks makam yang telah berusia ratusan tahun. (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Palembang merekomendasikan empat objek sejarah berusia ratusan tahun untuk dijadikan cagar budaya tetap demi kelestarian nilai sejarah kota tertua di Indonesia itu. Tiga di antaranya berupa makam yang telah berusia di atas tiga abad.

Ketua TACB Palembang Retno Purwati, mengatakan empat objek yang direkomendasikan yakni situs Makam Ki Gede Ing Suro (berusia 500 tahun), Makam Sabokingking (400 tahun), Makam Kawah Tengkurep (300 tahun) dan Benteng Kuto Besak (200 tahun). "Dari 24 berkas objek yang disidangkan baru empat ini yang memenuhi kriteria cagar budaya tetap," ujarnya, Minggu (7/3/2021).

Keempat objek tersebut direkomendasikan karena memiliki nilai sejarah yang tinggi, unik, memiliki nilai penting bagi masyarakat setempat, memiliki referensi sejarah yang kredibel dan masih dalam kondisi terawat.

Selain itu keempat objek yang direkomendasikan tersebut pernah ditetapkan sebagai cagar budaya tetap berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1992 sebelum akhirnya undang-undangnya dicabut pada 2010 sehingga penetapanya gugur.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: