4 Contoh Teks Persuasi Pendidikan Beserta Strukturnya, Siswa Wajib Paham!

Ami Heppy S ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 19:31:00 WIB
4 Contoh Teks Persuasi Pendidikan Beserta Strukturnya, Siswa Wajib Paham!
Contoh teks persuasi pendidikan (Foto: Getty Images)

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks persuasi pendidikan menjadi salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yang perlu dipahami siswa.

Teks persuasi teks yang bertujuan untuk mengajak, membujuk, maupun menyuruh pembaca untuk melakukan suatu hal sesuai yang disampaikan penulis.

Dalam KBBI, kata persuasi diartikan sebagai karangan yang bertujuan membuktikan pendapat. Teks persuasi juga dibagi menjadi beberapa jenis, satu diantaranya adalah teks persuasi pendidikan. 

Teks persuasi pendidikan ini bertujuan membujuk atau meyakinkan pembaca agar mampu berpikir serta berperilaku sesuai konsep dan tujuan pendidikan.

Untuk dapat lebih memahaminya, berikut iNews.id telah merangkum beberapa contoh teks persuasi pendidikan yang bisa menjadi referensi belajar.

Contoh Teks Persuasi Pendidikan

1. Struktur Teks Persuasi

Dikutip dari laman pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, struktur teks persuasi terdiri atas:

1. Pengenalan isu

Pada bagian ini, penulis akan memberikan atau menyampaikan pengantar tentang masalah yang mendasari tulisan atau atau topik pembicaraan yang akan dibahas.

2. Rangkaian argumen

Pada bagian ini penulis harus memberikan sejumlah argumen dan pendapat terkait isu yang akan dibahas tersebut. Agar dapat lebih meyakinkan pembaca, carilah fakta-fakta yang dapat memperkuat argumen tersebut.

3. Pernyataan ajakan

Bagian ini merupakan inti dari teks persuasif dimana di dalamnya terdapat dorongan agar pembaca melakukan sesuatu.

Pernyataan ajakan ini bisa disampaikan secara langsung maupun tidak langsung. Jangan lupa untuk menggunakan kalimat dan kata-kata yang bisa mempengaruhi pembaca agar mau mengikuti ajakan atau larangan kita.

4. Penegasan kembali

Merupakan bagian akhir dalam teks persuasif. Pada bagian ini, penulis kembali menegaskan pernyataan-pernyataannya sebelumnya. 
Bagian ini biasanya ditandai dengan kata demikianlah, dengan demikian, oleh karena itulah, dan sebagainya. 

2. Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Contoh 1

Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Pendidikan

Memiliki anak yang cerdas dengan bakat yang dimurnikan adalah impian bagi setiap orang tua di dunia. Tentu saja, orang tua harus sangat menyadari pendidikan untuk anak-anak mereka. Orang tua adalah institusi pertama yang wajib memberikan pengetahuan kepada anak-anak mereka. Orang tua juga bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak mereka.

Tetapi bahkan jika orang tua adalah guru terbaik, pendidikan formal juga merupakan keharusan. Mengingat era ilmu pengetahuan dan globalisasi yang semakin berkembang yang semakin menyembunyikan perbatasan antar negara, pendidikan telah menjadi hal yang penting dan tidak dapat dinegosiasikan. 

Angka putus sekolah di Indonesia masih tinggi, dengan 60 persen siswa sekolah menengah di Indonesia putus sekolah berdasarkan data dari Institut Statistik (UIS) UNESCO dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat putus sekolah tertinggi kedua di dunia setelah Tiongkok. Fakta ini menyiratkan bahwa kesadaran pendidikan di Indonesia masih kurang.

Orang tua harus dapat memotivasi dan mendukung anak-anak dalam hal pendidikan, mengingat pentingnya pendidikan untuk masa depan anak. Pendidikan adalah salah satu kunci terpenting untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pendidikan juga dianggap mampu mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia.

Dalam era perdagangan bebas, seperti penguasaan keterampilan dan pengetahuan, sangat penting untuk dapat bersaing dengan sumber daya manusia asing yang tiba di Indonesia. Jangan biarkan bangsa Indonesia bersaing dan gagal menjadi tuan di tanah mereka. 

Selain dukungan orang tua bagi generasi muda, pemerintah juga berkewajiban memperbaiki sistem pendidikan yang ada, serta menyediakan struktur pendidikan yang menjangkau semua lapisan masyarakat di Indonesia. 

Ini juga didasari oleh kenyataan bahwa generasi muda yang cerdas dan berbakat adalah jaminan masa depan suatu bangsa. Karena itu, kami meningkatkan kesadaran akan pendidikan karena pendidikan adalah kunci menuju masa depan!

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: