3 Sumber Ekonomi Baru di Tengah Pandemi Covid-19

Dede Febriansyah ยท Senin, 30 November 2020 - 08:04:00 WIB
3 Sumber Ekonomi Baru di Tengah Pandemi Covid-19
UMKM memproduksi masker. (Foto: Dede Febriansyah)

PALEMBANG, iNews.id - Bank Indonesia mendorong Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk meningkatkan pertumbuhan sumber ekonomi dalam memacu perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Terdapat tiga sektor sumber ekonomi yang berpeluang dikembangkan yakni UMKM, ekonomi syariah dan digital ekonomi.

"Di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini, Pemprov Sumsel harus menggiatkan ekonominya dan tiga sumber ekonomi baru tadi dapat memberikan dorongan ekonomi kedepannya," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Hari Widodo, Minggu (29/11/2020).

Tiga sektor tersebut penting untuk diterapkan, apalagi saat ini dengan kondisi new normal di tengah pandemi. Untuk itu, peran dari berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, pelaku usaha, hingga masyarakat agar dapat beradaptasi dengan pola bisnis baru tersebut.

"Sejauh ini pertumbuhan sektor UMKM di Sumsel pada 2020 cukup menggembirakan yakni tercatat 163.291 UMKM dengan 37.351 UMKM berada di Kota Palembang," katanya.

Editor : Berli Zulkanedi