3 Daerah di Sumsel Tidak Mengalami Kemarau, BMKG Berikan Penjelasan 

Antara · Senin, 12 September 2022 - 16:00:00 WIB
3 Daerah di Sumsel Tidak Mengalami Kemarau, BMKG Berikan Penjelasan 
Tiga kabupaten di Sumsel tidak mengalami kemarau tahun ini. (Foto: Ilustrasi/Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Sumsel menyatakan tiga kabupaten di Provinsi Sumsel tidak mengalami musim kemarau tahun ini. Ketiga daerah itu yakni Musi Rawas Utara, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, dan OKU Timur.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Sumatera Selatan Wandayantolis  menjelaskan, fenomena La Nina dan Dipole Mode menyebabkan curah hujan di tiga wilayah kabupaten tersebut di atas normal dan akumulasi curah hujannya lebih tinggi dari yang seharusnya terjadi selama musim kemarau. 

Dengan demikian, ketiga daerah tersebut tidak dapat didefinisikan mengalami musim kemarau. "Fenomena La Nina dan Dipole Mode juga menyebabkan musim hujan 2022/2023 datang lebih awal dari semestinya, maju 30 sampai 40 hari," ujarnya dikutip dari Antara, Senin (12/9/2022).

Menurut Stasiun Klimatologi Kelas I Sumatera Selatan, sebagian besar wilayah Sumatera Selatan memasuki musim hujan 2022/2023 pada awal Agustus 2022, sementara Kota Palembang dan sekitarnya diprakirakan memasuki musim hujan pada September 2022.

Musim hujan yang datang lebih awal dan curah hujan yang meningkat di satu sisi bisa membantu menurunkan risiko kebakaran hutan dan lahan, tetapi di sisi lain bisa memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: