11 Hektare Lahan Bumi Perkemahan Pemkot Prabumulih Dibakar Warga

Berrie Brima ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 10:00 WIB
11 Hektare Lahan Bumi Perkemahan Pemkot Prabumulih Dibakar Warga
Simulasi pembakaran lahan dan hutan Polres Prabumulih (Berrie Brima/iNews)

PRABUMULIH, iNews.id - Lahan bumi perkemahan milik Pemerintah Kota Prabumulih seluas 11 hektare dibakar warga. Akibatanya, tiga warga ditangkap tim gabungan dari TNI/Polri.

Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan Sudarmaya mengatakan, 11 hektare lahan yang dibakar berada di Desa Pangkul, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel).

Namun, tenang saja, insiden pembakaran serta penangkapan terhadap tiga orang ini merupakan simulasi yang dilakukan oleh Jajaran Polres Prabumulih bersama pemerintah setempat.

Simulasi berawal ketika ada tiga orang datang sambil membawa api. Mereka kemudian membakar setumpukan rumput kering. Tak butuh waktu lama, rumput itu langsung terbakar hebat. Tampak pula asap hitam membubung tinggi akibat pembakaran itu.

"Warga yang membakar lahan biasanya untuk dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan. Namun hal itu dilarang dan akan ditindak tegas," kata Wayan, Kamis (23/7/2020).

Wayan menambahkan, tahun 2019 lalu pihaknya menangkap satu pelaku pembakar lahan dan hutan. Meski bukan termasuk daerah rawan karhutla, pihaknya tetap akan menindak tegas pelaku pembakaran dan aparat yang terlibat.

"Tahun 2020 ini berbeda, kami akan menindak tegas seluruh kegiatan pembakaran lahan tanpa terkecuali," kata dia.

DARI PRABUMULIH/ SUMATERA-SELATAN/ BERRIE BRIMA/ MELAPORKAN//


Editor : Nur Ichsan Yuniarto