Sejumlah wilayah provinsi berpotensi diguyur hujan. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Hampir seluruh wilayah di Indonesia berpotensi akan diguyur hujan pada Selasa (12/4/2022). Kondisi ini dipengaruhi siklon tropis Malaka yang berada di Samudera Pasifik, Timur Laut Filipina. 

“Saat ini siklon tropis Malaka berada di Samudra Pasifik, Timur Laut Filipina yang menginduksi low level jet yang memanjang dari Filipina bagian selatan hingga Samudra Pasifik, timur Filipina. Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet tersebut,” kata Prakirawan BMKG Hasalika Nurjanah dalam akun resmi BMKG, Selasa (12/4/2022).

Hasalika menjelaskan, daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Sumatera Barat hingga Riau, dari Sumatera Selatan (Sumsel) hingga Jambi, di wilayah Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian tengah, Sulawesi Tenggara bagian selatan, dari Maluku hingga Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Papua hingga Maluku bagian Tenggara.


Editor : Berli Zulkanedi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Artikel Terkait

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network