Wali Kota Palembang meninjau Sungai Sekanak yang sedang direstorasi. (Foto: Ist)
Antara

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang merampungkan proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro sepanjang 500 meter. Dengan begitu, mulai pekan ini Sungai Sekanak dan pedestrian yang berada di Jalan Radial sudah dapat dinikmati. 

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan pemkot juga bakal mengelola pedestrian di sepanjang Sungai Sekanak Lambidaro yang berada di sekitar Palembang Indah Mal dan Kompleks Pertokoan Ilir Barat Permai. 

“Sekarang restorasi Sungai Sekanak segmen Lebak Cindo sudah rampung sehingga bisa segera kami tindaklanjuti pengelolaannya,” katanya, Kamis (2/9/2021).

Wali Kota pun berharap warga sekitar untuk menjaga kenyamanan Pedestrian Lebak Cindo tersebut, sehingga kawasan itu bisa menjadi destinasi yang layak dinikmati pengunjung.

"Tentu yang dapat manfaatnya itu kan masyarakat langsung. Kami juga mendengar tamu-tamu hotel dekat sini juga sudah mulai berjalan di pedestrian ini," ujarnya.

Harnojoyo melanjutkan dirinya pun akan mendorong Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Koperasi UKM untuk dapat membina masyarakat sekitar.

"Jadi apa yang dibangun dengan dana yang cukup besar ini harus bermanfaat, tidak hanya bermanfaat untuk kebersihan tetapi juga untuk masyarakat yang ada di sekitarnya, dan ini harus kita upayakan," kata mantan Ketua DPRD Palembang. 

Sebelumnya, Harnojoyo mengatakan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro bukan hanya untuk mengendalikan genangan air, namun juga akan dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat.

Proyek restorasi dan normalisasi Sungai Sekanak menggunakan kucuran dana APBN melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatra (BBWSS) VIII. Sementara untuk pedestrian atau pinggiran sungai tersebut dibangun menggunakan APBD Kota Palembang.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT