Peta Sumatera Selatan, provinsi yang berada di selatan Pulau Sumatera (Foto: Istimewa)
berli

PALEMBANG, iNews.id - Peta Sumatera Selatan selayaknya diketahui terutama oleh warganya. Dengan mengetahui peta, maka akan mengetahui semua tentang Sumatera Selatan, mulai dari batas wilayah, kabupaten dan kota hingga bahasa. 

Sumatera Selatan merupakan provinsi di selatan pulau Sumatera. Berdasarkan data BPS, Sumatera Selatan memiliki luas 91.592,43 persegi dan jumlah penduduk 8.567.923 jiwa. Populasi tersebut tersebar di 3.280 desa dan kelurahan dalam 241 kecamatan di 17 kabupaten dan kota. 

Sumsel di bagian utara berbatasan dengan Jambi, bagian selatan berbatasan dengan Lampung, timur dengan Bangka Belitung dan barat bertetangga dengan Bengkulu. 

Dikutip dari laman Pemprov Sumsel, Sumatera Selatan atau pulau Sumatera bagian selatan didirikan pada tanggal 12 September 1950 yang awalnya mencakup daerah Jambi, Bengkulu, Lampung, dan kepulauan Bangka Belitung. Namun keempat wilayah yang terakhir disebutkan kemudian masing-masing menjadi provinsi tersendiri.

Sumatera Selatan terdiri dari atas 13 kabupaten dan 4 kota termasuk Kota Palembang sebagai ibu kota. Ke-13 kabupaten yakni Ogan Komering Ulu, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Komering Ilir, Muara Enim, Lahat, Musi Rawas.

Kemudian Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir, Empat Lawang, Musi Rawas Utara, dan Penukal Abab Lematang Ilir. Sementara empat kota yakni Kota Palembang, Pagaralam, Lubuklinggau, dan Prabumulih. 

Masyarakat Sumsel dalam berkomunikasi atau bertutur menggunakan tujuh bahasa daerah yakni, bahasa Melayu, Lematang, Ogan, Komering, Jawa, Pedamaran, dan Kayuagung.

Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad yang lalu dikenal juga dengan sebutan Bumi Sriwijaya, karena pada abad ke-7 hingga abad ke-12 wilayah ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di nusantara. 


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT