Petugas dengan sigap memadamkan karhutla di Ogan Ilir. (Foto: Dede F)
Dede Febriansyah

OGAN ILIR, iNews.id - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumsel. Sedikitnya lahan seluas lima hektare di Desa Muara Baru, Kecamatan Pemulutan, terbakar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat mengatakan, lahan yang terbakar tersebut merupakan semak belukar ilalang, bukan lahan gambut. "Kita mendapatkan informasi adanya lahan yang terbakar di Desa Muara Baru itu dari Satgas Darat," ujar Edi, Jumat malam (30/9/2022).

Setelah memastikan informasi tersebut benar, lanjut Edi, tim yang terdiri dari BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Manggala Agni Daops Sum-XIV/Banyuasin, serta kepolisian langsung bergerak ke lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman.

"Karena lokasi kebakaran bisa ditempuh kendaraan, maka untuk memadamkan lahan semak belukar yang terbakar itu kita lakukan dengan cara pemadaman darat," katanya.

Dalam proses pemadaman tersebut, belasan orang petugas diketahui saling bahu membahu menembus semak belukar untuk memadamkan api yang berkobar. "Kita lakukan pemadaman dengan satu unit mobil tangki air serta mesin pompa," katanya.

Usai upaya pemadaman akhirnya berhasil dipadamkan tadi malam sekitar pukul 19.00 WIB. "Proses pemadaman sudah dilakukan dan berjalan dengan lancar, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," katanya.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT