Satgas dari instansi terkait mengawasi distribusi BBM subsidi di Kabupaten OKU. (Foto: Ist)
Dede Febriansyah

OKU, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumsel membentuk Satuan Petugas (Satgas) untuk mengawasi distribusi BBM bersubsidi. Satgas ini diharapkan dapat mencegah penyelewengan BBM subsidi yang disinyalir meningkat sejak terjadi kenaikan harga. 

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan, dengan dibentuknya Satgas tersebut tentunya sejalan dengan tujuan Pertamina agar BBM bersubsidi dapat tepat sasaran.

"Kita sangat mengapresiasi pembentukan satgas pengawasan ini. Sehingga diharapkan dapat meminimalisir adanya penyelewengan dalam proses pendistribusian BBM bersubsidi," ujar Nikho, Kamis (29/9/2022).

Satgas pengawasan tersebut beranggotakan lintas instansi pemerintahan, seperti Pemkab OKU, Polri, TNI, Pol PP, Dinas Perhubungan serta Himpunan Mahasiswa.

"Dengan adanya sinergi dalam pengawasan BBM bersubsidi ini, Pertamina juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dalam pengawasan dan bijak menggunakan BBM sesuai peruntukan," katanya.

Nikho mengungkapkan, Pertamina mencatat rata-rata konsumsi harian BBM bersubsidi jenis Bio Solar, pada bulan Agustus 2022 untuk wilayah OKU sekitar 85 KL per hari. Sedangkan untuk produk Pertalite mencapai 146 KL per hari.
 
"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu membeli BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop. Selain itu, Pertamina juga terus mendorong masyarakat untuk mendaftarkan kendaraannya melalui Program Subsidi tepat yang saat ini dikhususkan bagi kendaraan roda empat (mobil), agar BBM subsidi dapat benar-benar tersalurkan kepada masyarakat yang berhak," katanya.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT