Infografis Fakta dan Penjelasan Waskita Soal Penutupan Gerbang Tol Jakabaring

iNews.id · Jumat, 29 Januari 2021 - 19:56:00 WIB
Infografis Fakta dan Penjelasan Waskita Soal Penutupan Gerbang Tol Jakabaring
Infografis fakta dan penjelasan Waskita soal penutupan Gerbang Tol Jakabaring. (Infografis: Bayu K):

PALEMBANG, iNews.id – Akses Tol Kayu Agung – Palembang di Jakabaring ditutup secara permanen mulai Selasa (26/1/2021) sore. Akses masuk dan keluar tol dipindahkan ke Gerbang Kramasan, tempat Presiden Joko Widodo melakukan peresmian pada Selasa lalu.

Penutupan Gerbang Jakabaring secara permanen menimbulkan banyak pertanyaan. Termasuk via akun resmi PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) mendapatkan banyak pertanyaan mengenai alasan mengapa akses tol di Jakabaring tidak permanen. 

Ada empat penjelasan yang disampaikan Waskita, yakni pertama akses temporary Jakabaring digunakan sebagai akses sementara Tol Kapal – Betung (Kayu Agung-Palembang) saat pertama kali dibuka pada bulan April 2020. Karena pada saat itu, konstruksi ruas Jakabaring-Kramasan belum selesai.

Kedua, dengan selesainya konstruksi dan diresmikan ruas Jakabaring-Kramasan pada 26 Januari 2021 maka ruas Jakabaring-Kramasan mulai dioperasikan sehingga akses temporary Jakabaring ditutup permanen dan akses tol dialihkan ke Toll Gate Kramasan secara permanen.

Ketiga, beroperasinya Toll Gate Kramasan secara permanen maka transaksi tol (tapping) yang semua di Toll Gate Jakabaring berpindah ke Toll Gate Kramasan, Toll Gate Jakabaring dinonaktifkan dan akan segera dibongkar.

Keempat, adapun desain akses Jakabaring (permanen) tidak masuk ke dalam rencana akses tol yang ada di ruas Kayu Agung – Palembang – Betung. 

Editor : Maria Christina